Kamis, 22 Januari 2015

Catatan Kegiatan Harian
INDONESIAN VETERINARY STUDENT FESTIVAL (INTERVAL) 2015
IKATAN MAHASISWA KEDOKTERAN HEWAN INDONESIA 
Makassar, 18 – 22 Januari 2015  

Indonesia Veterinary Student Festival (INTERVAL) 2015 Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia merupakan agenda yang dilaksanakan oleh  Pengurus  Besar  Ikatan  Mahasiswa Kedokteran  Hewan Indonesia (PB-IMAKAHI yang bertindak  sebagai  wadah  perjuangan  profesi dan    organisasi keprofesian guna menciptakan calon dokter hewan yang siap berkiprah dalam dunia kesehatan hewan (keswan), kesejahteraan hewan (animal welfare), animal rescue dan techno-preneurship Indonesia yang siap terhadap tantangan globalisasi dengan sarana silaturahmi civitas medis  veteriner  dalam  lingkup  mahasiswa  beserta  Pengurus  Cabang  Ikatan Mahasiswa Kedokteran  Hewan Indonesia (PC-IMAKAHI) di masing-masing Universitas yang meliputi  Institut Pertanian Bogor  (IPB), Universitas  Gadjah  Mada (UGM), Universitas  Airlangga  (UNAIR), Universitas  Udayana  (UNUD), Universitas Syiah Kuala  (UNSYAH), Universitas Nusa Tenggara Barat  (UNTB), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Wijaya Kusuma (UWK), Universitas Hasanudin (UNHAS) dan Universitas Nusa Cendana (UNDANA). 

Pada tahun 2015 ini, Universitas Hasanuddin dipercayakan sebagai pelaksana kegiatan INTERVAL IMAKAHI. Acara ini pun dilaksanakan di Makassar pada tanggal 18 – 22 Januari 2015 dimana sebagai ketua pelaksana pada INTERVAL 2015 IMAKAHI yakni Fajar Anugrah Rusli. Dan pelaksanaan INTERVAL yang memperebutkan piala bergilir PB- PDHI ini pada tahun ini mengangkat tema “Mengukir Prestasi dalam Bingkai Sportifitas dan Solidaritas Veteriner Muda”.

Sekitar 82 peserta yang terbagi dari 5 Universitas yang mengirimkan delegasinya yakni Universitas Hasanuddin, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga dan Institut Pertanian Bogor. Adapun agenda kegiatan yang dilaksanakan pada INTERVAL IMAKAHI yaitu seminar nasional, kuliah umum, pertandingan dan perlombaan olahraga (futsal, basket 3on3, badminton, tenis meja, catur, lari estafet), malam penampilan seni, games dan wisata tour (Fort Rotterdam, Trans Studio Theme Park, Pantai Losari).

Minggu, 18 Januari 2015
Pada hari pertama kegiatan INTERVAL 2015 IMAKAHI ini dilakukan dengan penjemputan dan penyambutan delegasi dan para tamu undangan termasuk Ketua PB PDHI, Dr. Drh. H. Heru Setijanto, PAVet(K) di Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar.   

Senin, 19 Januari 2015 
Hari Senin, pembukaan INTERVAL 2015 IMAKAHI dilaksanakan di Gedung Aula IPTEKS Unhas yang diawali dengan tarian khas daerah Sulawesi Selatan, Maduppa’ Bosara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Universitas Hasanuddin dan Mars IMAKAHI oleh mahasiswa PSKH FK-UH. Selanjutnya laporan oleh Ketua Panitia INTERVAL 2015 IMAKAHI, Fajar Anugrah Rusli. Adapun undangan yang hadir dan memberikan sambutan yakni Galih Bagus Suprapto (Ketua PB IMAKAHI), Abdul Wahid, S.Farm, Apt (Perwakilan Ketua Program Studi Kedokteran Hewan FK-UH), Prof. Dr. dr. A. Asadul Islam, Sp.BS (Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin) dan Dr. Drh. H. Heru Setijanto, PAVet(K) (Ketua PB PDHI) yang sekaligus membuka acara secara resmi dengan menyerahkan piala bergilir PB PDHI kepada panitia pelaksana. 

Setelah acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan Seminar Nasional di tempat yang sama, Gedung Aula IPTEKS Unhas. Seminar Nasional kali ini mengangkat tema “Zoonosis Enzootik : Penyakit Hari Ini dan Yang Akan Datang. Siapkah Kita ?” dengan pemateri drh. Agusriady (Dokter Hewan Dinas Peternakan Kab. Bone, Prov. Sulawesi Selatan), drh. Tities (Dokter Hewan Balai Besar Veteriner Maros) dan Dr. Geoffrey Chubb (Senior Veterinary Advisor Subnational Australia Indonesian Partnership Emerging Disease) dengan moderator Dian Fatmawati, S.KH (Alumni Kedokteran Hewan Unhas). Ada sekitar 143 orang yang menjadi peserta pada Seminar Nasional kali ini yang datang dari berbagai Universitas di Makassar bahkan Indonesia. Dan selain materi yang disampaikan para pemateri, Seminar Nasional ini juga dihibur oleh Tarian 4 Etnis Moderen dari Tanah Sulawesi Selatan oleh para para penari Mahasiswa Kedokteran Hewan FK-UH.


Setelah acara Seminar Nasional selesai, selanjutnya peserta delegasi INTERVAL 2015 IMAKAHI dibawa menuju BLKI Makassar untuk mengikuti Kuliah Umum oleh Ketua PB PDHI, Dr. Drh. H. Heru Setijanto, PAVet(K). Pada kesempatan itu, drh. Heru membawakan materi tentang “Posisi Strategis Dokter Hewan pada Kebijakan Pemerintah dalam Lingkup Kedaulatan Pangan”. Bagi para peserta, materi ini dianggap sangat menarik mengingat kebijakan pemerintah saat ini yang dahulunya Ketahanan Pangan kini menjadi Kedaulatan Pangan yang dimana sangat diperlukannya peran dari profesi dokter hewan.  

Pada sore harinya, acara dilanjutkan dengan Technical Meeting mengenai aturan-aturan sekaligus mencabut undian untuk setiap bidang olahraga yang akan dipertandingkan maupun diperlombakan diantaranya futsal, basket 3on3, catur, tenis meja, badminton dan lari estafet. Setelah acara TM rampung dengan beberapa kesepakatan, pada saat itu langsung dilanjutkan dengan pertandingan catur. Setelah melalui beberapa tahap, pada akhirnya keluar sebagai Juara 1 yakni Rhofiq dari UGM yang berhasil mengalahkan Andreas (UB) di partai final. Dan pada malam harinya semua delegasi cukup santai untuk mengikuti malam persembahan seni. Pada malam persembahan seni ini, seluruh panitia dan peserta dihibur dengan persembahan yang diawali oleh salah satu delegasi dari UB yakni Bagas dengan Stand Up Comedynya. Dilanjutkan dengan persembahan- persembahan lainnya dari panitia maupun peserta dari delegasi Unhas diantaranya video Welcome to Makassar, penampilan Musikalisasi Puisi, Makkunrai Malabbi’e serta Pria-pria Sopan. Pada acara malam tersebut seluruh peserta disuguhkan dengan minuman khas dari Makassar yakni sarabba’. Dan setelah semua persembahan seni selesai, seluruh peserta dimobilisasi kembali ke tempat penginapan masing-masing untuk beristirahat.


Selasa, 20 Januari 2015 
Pagi hari setelah sarapan seluruh peserta dimobilisasi ke tempat pertandingan yaitu di BOSOWA SPORT CENTER. Ditempat ini dilaksanakan 4 pertandingan yaitu pertandingan futsal, tenis meja, basket 3 on 3 dan badminton. Pertandingan futsal merupakan pertandingan awal yang dilaksanakan pada hari ini dan dari 6 pertandingan diperoleh hasil klasemen akhir yakni sebagai berikut 


Pada pertandingan Futsal kali ini, pemain dari UNHAS A (Rahmat S) dinobatkan sebagai “Best Player” karena telah mampu membawa timnya memperoleh emas pada Cabang ini. 


Selanjutnya pertandingan Tenis meja mempertemukan di partai final antara Malik (UGM) vs Noor (UB) dan hasilnya dimenangkan oleh Malik dari UGM sedangkan diperingkat ketiga ditempati oleh Iekram (UNHAS) setelah mengalahkan wakil UNHAS lainnya. Setelah 2 cabang olahraga (futsal dan tenis meja) selesai kemudian dilanjutkan  pertandingan Basket 3on3. Dari hasil pertandingan ini diperoleh hasil yaitu sebagai berikut








Pemain dari UB (Andreas B Malino) dinobatkan sebagai “MVP” pada cabang Basket 3on3 kali ini yang telah membawa UB meraih juara.  


Kemudian dilanjutkan dengan Pertandingan Badminton. Pertandingan ini di ikuti oleh 6 peserta dari 3 universitas dimana pada partai puncak mempertemukan Fajar A.R (UNHAS) vs Rofiq (UGM) dan dimenangkan Oleh fajar A.R (UNHAS). Sementara di ururan ketiga ditempati oleh Andreas dari UB. Setelah 4 cabang olahraga dipertandingkan (Futsal, Tenis Meja, Basketball 3 on 3, badminton) dan telah menghasilkan beberapa juara, seluruh peserta pun dimobilisasikan kembali ke penginapan untuk beristirahat.

Rabu, 21 Januari 2015 
Agenda pada pagi hari adalah jalan santai di kawasan kampus UNHAS Tamalanrea Makassar, akan tetapi pada saat itu hujan menguyur di sekitar kampus UNHAS sehingga agenda jalan santai dibatalkan. Pada saat hujan telah reda, agenda selanjutnya dipersiapkan yaitu Lomba Lari Estafet. Lomba ini juga merupakan lomba terakhir sekaligus penentu siapa yang menjadi Juara Umum INTERVAL 2015 IMAKAHI kali ini. Lomba ini dilaksanakan di Lapangan Sepakbola PKM UNHAS. Adapun peserta estafet diikuti 3 universitas dan masing- masing universitas mewakilkan 1 timnya yang terdiri dari 4 orang pelarinya. Dan pada akhirnya, hasil dari Lomba estafet ini dimenangkan oleh UNHAS di urutan pertama, UGM di urutan kedua dan UB di urutan ketiga. 

Usai pertandingan estafet selesai maka selesai pula seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan/diperlombakan pada INTERVAL 2015 IMAKAHI. Panitia pun beserta peserta beristirahat sejenak untuk menikmati makanan khas Makassar yaitu Bassang (Bubur Jagung) dan kemudian dilanjutkan dengan games. Pada games kali ini panitia membagi panitia dan peserta dalam 3 kelompok besar yang selanjutnya dilakukan lomba yel-yel, lomba bakiak, lomba lari karung, dan pertandingan tarik tambang. Banyak keseruan dan kelucuan dalam games kali ini, ada yang heboh sendiri, ada yang terjatuh, tabrakan, malu-malu dan lain-lain. Games ini diadakan dengan tujuan mengakrabkan, meningkatkan solidaritas dan kreativitas para Veteriner Muda Indonesia dalam kegiatan INTERVAL 2015 IMAKAHI. Semua merasa riang dan gembira rasa capek dan lelah serta terik matahari yang menyinari terasa tak berarti berkat keceriaan semua peserta dan panitia. Setelah selesai games kemudian seluruh peserta dimobilisasi ke penginapan untuk beristirahat.


Pada siang harinya, acara INTERVAL 2015 IMAKAHI telah sampai di penghujungnya. Penutupan pun dilakukan di Aula BLKI Makassar dengan agenda penyerahan piala untuk peserta/tim yang meraih juara dan pemberian cendramata dari panitia untuk seluruh perwakilan delegasi yang telah hadir.

Klasemen akhir perolehan medali pada INTERVAL 2015 adalah sebagai berikut 


Setelah seluruh penyerahan piala dan piagam penghargaan telah diberikan, selanjutnya penyerahan piala bergilir PB PDHI kepada PC IMAKAHI UNHAS yang telah menjadi Juara Umum I INTERVAL 2015 IMAKAHI. Penyerahan piala bergilir diberikan oleh Ketua Program Studi Kedokteran Hewan FK-UH dalam hal ini diwakili oleh Abdul Wahid, S.Farm, Apt.  


Selanjutnya acara penutupan yang diawali kembali laporan Ketua Panitia, Fajar Anugrah Rusli, dilanjutkan dengan sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Ketua PB IMAKAHI, Galih Bagus Suprapto dan sambutan kedua yang sekaligus menutup acara INTERVAL 2015 IMAKAHI secara resmi oleh Ketua Program Studi Kedokteran Hewan FK-UH yang diwakili oleh Abdul Wahid, S.Farm, Apt. Dan pada akhirnya, rangkaian acara penutupan INTERVAL 2015 IMAKAHI ditutup dengan pembacaan doa’ oleh panitia.  

Para delegasi pun kembali ke tempat penginapan masing-masing untuk beristirahat sejenak karena dimalam harinya akan mengikuti wisata malam ke pusat oleh-oleh khas Makassar dan akan makan malam bersama mencicipi salah satu makanan khas Makassar yakni Pallu Basa.   

Kamis, 22 Januari 2014  
Hari ini adalah hari terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan INTERVAL 2015 IMAKAHI dan agenda pada hari ini adalah wisata tour Kota Makassar diantaranya Fort Rotterdam, Trans Studio Theme Park Makassar dan Pantai Losari. 

Setelah sarapan, beberapa peserta delegasi pun sudah harus check out dari penginapan dan setelah itu langsung di mobilisasi ke Fort Rotterdam. Usai tiba dilokasi, peserta langsung di perkenalkan mengenai sejarah dari Benteng Rotterdam ini dan sejarah dari Kota Makassar. Para peserta dipandu oleh tour guide yang telah disediakan panitia sebelumnya. Kurang lebih sejam para peserta berada di Fort Rotterdam ini sebelum melanjutkan langkah ke TSM.  


Wisata pun berlanjut ke Trans Studio Makassar, peserta langsung dibawa ke tempat wahana-wahana dari Trans Studio Theme Park Makassar. Sekitar 5 jam waktu yang panitia sediakan untuk para peserta menikmati wahana-wahana yang ada di TSM.  

Usai menikmati wahana-wahana TSM yang cukup menyenangkan, para peserta beristirahat sejenak dan makan siang sebelum wisatanya dilanjutkan kembali ke Pantai Losari. Namun kondisi cuaca pada saat pada hari sangat kurang bersahabat, sehingga rencana menuju Pantai Losari pun sempat diurungkan. Setelah menunggu beberapa saat, cuaca kembali cerah, sehingga para peserta dapat menikmati sore hari di Pantai Losari. Di Pantai Losari para peserta pun langsung berkeliling-keliling dan tentunya tidak melupakan untuk mengambil moment dengan berfoto-foto bersama.


Hari sudah semakin gelap, namun wisata belum usai, panitia kembali mengajak para peserta untuk kembali mencoba mencicipi makanan khas dari Makassar dan kali ini peserta di ajak makan Pisang Epe. Salah satu makanan khas yang cukup terkenal di masyarakat. Suasana keakraban pun semakin terasa dengan canda tawa yang nampak pada malam itu juga. Pada akhirnya, karena malam yang semakin larut dan hari ini dirasa sudah cukup, para peserta pun dimobilisasi ke tempat panitia dikarenakan hampir semua diantara peserta tidak langsung pulang ke daerah masing-masing namun menunggu hingga esok harinya. 

Berakhirlah sudah rangkaian kegiatan Indonesia Veterinary Student Festival (INTERVAL) IMAKAHI pada tahun 2015 ini. Semoga kegiatan ini selalu menambah semangat kita, semakin mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan serta solidaritas kita di IMAKAHI. Terima kasih untuk pihak yang sudah membantu menyukseskan kegiatan INTERVAL 2015 IMAKAHI.  

Salam hangat dari kami, Panitia
INTERVAL 2015 IMAKAHI
Langkah Pasti, Raih Prestasi, Jadi Juara
---------------------------------------------------------  

See you, next time...