Minggu, 04 Mei 2014


Jum’at, 25 April – Minggu, 27 april 2014 bertempat di Hotel Nuansa Indah, Denpasar Bali telah dilaksanakan Mukernas Imakahi XVI. Mukernas imakahi adalah suatu musyawarah kerja nasional ikatan mahasiswa kedokteran hewan Indonesia yang dilaksanakan dengan tujuan untuk membuat program kerja pengurus besar dan pengurus cabang ikatan mahasiswa kedokteran hewan Indonesia. Pengurus besar imakahi adalah pengurus inti nya, sedangkan pengurus cabang adalah pengurus dari masing-masing instansi yang merupakan anggota dari imakahi. Imakahi atau ikatan mahasiswa kedokteran hewan Indonesia adalah suatu wadah yang menaungi mahasiswa-mahasiswa kedokteran hewan di Indonesia. 

Pengurus besar Imakahi dipimpin oleh seorang ketua dan sekretarisnya yang disebut sekretaris jenderal. Pengurus besar dan pengurus cabang memiliki beberapa departemen yang siap menaungi mahasiswa-mahasiswa kedokteran hewan di Indonesia, yaitu Departemen Kesekretariatan, Departemen Dana dan Usaha Mandiri, Departemen Pengabdian Masyarakat dan PSDM, Departemen Informasi dan Komunikasi, Departemen Kajian Strategis, dan Departemen Public Relation. Para pengurus besar dan pengurus cabang imakahi juga dipantau kinerjanya oleh Badan Pengawas Imakahi yang tugasnya memantau setiap kinerja dari masing-masing pengurus imakahi. Imakahi sendiri beranggotakan 10 instansi yaitu Universitas Syiah Kuala, Institute Pertaninan Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Universitas Wijaya Kusuma, Universitas Brawijaya, Universitas Hassanudin, Universitas Udayana, Universitas Nusa Tenggara Barat, dan Universitas Nusa Cendana. Pada acara tersebut jumlah instansi yang mengirimkan delegasi sebanyak 8 instansi, yaitu Institute Pertanian Bogor (2), Universitas Gadjah Mada (11), Universitas Airlangga (1), Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (3), Universitas Brawijaya (11), Universitas Hassanudin (11), Universitas Udayana (3), dan Universitas Nusa Tenggara Barat (14). Sedangkan untuk Universitas Syiah Kuala dan Universitas Nusa Cendana tidak bisa mengirimkan delegasinya pada acara tersebut. 

Pada Mukernas Imakahi XVI dibahas tentang pemaparan program kerja pengurus besar imakahi, pemaparan program kerja unggulan dari masing-masing PC, pelelangan program kerja pengurus besar imakahi, dan program kerja badan pengawas imakahi 

Pemaparan program kerja pengurus besar imakahi meliputi penjelasan struktur dan kedudukan imakahi, pemaparan visi, misi, dan target pencapaian imakahi, dan target pencapaian pengurus besar imakahi yang mencakup peningkatan kerja sama imakahi dengan PDHI dan IOMS dari bidang lain, peningkatan soft skill maupun hard skill seluruh anggota imakahi demi pengabdian diri kepada masyarakat di masa mendatang, peningkatan penyaluran informasi dan efektifitas media-media dan untuk mengangkat eksistensi dan nama besar imakahi, pendataan terhadap pengarsipan surat dan menginventarisasi dokumen-dokumen imakahi serta membuat standardisasi administrasi imakahi, peningkatan peran aktif imakahi dengan berfikir kritis dan bertindak aktif serta peka dalam penyikapan terhadap isu-isu seputar dunia veteriner maupun permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan keprofesian, dan sponsorship berkelanjutan untuk imakahi. 

Sumber: Imakahi