Selasa, 11 September 2012

Tahun ini merupakan tahun ketiga untuk penerimaan mahasiswa baru program studi kedokteran hewan fakultas kedokteran universitas hasanuddin. Jumlah mahasiswa baru yang diterima tahun ini tidak sama seperti tahun sebelumnya, bahkan tahun ini mengalami penurunan kuota untuk mahasiswa baru kedokteran hewan. Jika melihat kebelakang, tahun pertama untuk kuota mahasiswa baru kedokteran hewan menerima 72 mahasiswa, tahun kedua 68 mahasiswa dan tahun ini atau tahun ketiga menerima 50 mahasiswa baru. Penurunan kuota untuk penerimaan mahasiswa baru dikarenakan ruangan kuliah yang terbatas. Namun hal itu bukan menjadi halangan untuk belajar dengan efektif, karena semua sudah diatur sehingga proses pembelajaran tetap lancar. Penerimaan mahasiswa baru tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dari segi nama, sebelumnya nama kegiatan ini adalah PMB (penerimaan mahasiswa baru), namun tahun ini berganti menjadi P2MB (penerimaan dan pembinaan mahasiswa baru). Adanya kata pembinaan, berarti tahun ini penerimaan mahasiswa baru dirangkaikan dengan pembinaan. Jika sebelumnya kegiatan PMB hanya berlangsung sekitar 3 hari, namun kali ini berlangsung selama 6 hari lengkap dengan pembinaan.
Spanduk P2MB Kedokteran Hewan Unhas
Tepatnya hari senin, 27 Agustus 2012 dilangsungkan penerimaan mahasiswa baru tingkat fakultas di Baruga Pettarani. Jadi seluruh mahasiswa baru angkatan 2012-2013 hadir dalam acara tersebut. Acara berlangsung sangat meriah. Seluruh mahasiswa mengenakan seragam hitam putih yang merupakan ciri khas mahasiswa baru. Jalanan di sekitar kampus universitas hasanuddin sempat macet ketika mahasiswa bubar, tepatnya pukul 17.00 wita. Keesokan harinya, tanggal 28 Agustus 2012, kegiatan P2MB dilangsungkan di fakultas masing-masing. Mahasiswa program studi kedokteran hewan yang berada di bawah fakultas kedokteran, hadir dalam kegiatam P2MB tingkat fakultas. Selain mahasiswa kedokteran hewan, juga hadir mahasiswa pendidikan dokter, fisioterapi, keperawatan, dan program studi yang baru terbentuk, psikologi, juga turut hadir. Semua mahasiswa yang hadir berbaur menjadi satu. Tidak terdapat perbedaan diantara mahasiswa yang berbeda program studi. Semua terlihat menyatu dalam kebersamaan. Masih dalam rangkaian acara P2MB, setelah mahasiswa baru diterima ditingkat fakultas pada hari Rabu, 29 Agustus 2012, dilangsungkan acara P2MB tingkat program studi. Khusus untuk mahasiswa kedokteran hewan angkatan 2012-2013, kegiatan P2MB berlangsung di LT.5 fakultas kedokteran. Acara dimulai pukul 08.00 wita sampai dengan pukul 17.00 wita. Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa baru terlihat sangat bersemangat mengikuti semua agenda acara. Meskipun hari itu lebih banyak diisi dengan pemberian materi oleh beberapa dosen dari program studi, namun antusiasme dari mahasiswa baru sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya mahasiswa baru yang semangat bertanya selama sesi tanya jawab. Hal ini membuktikan bahwa mereka sangat tertarik ingin mengetahui seperti apa kedokteran hewan itu. Agar selama kegiatan mahasiswa baru tidak merasa bosan, maka disela-sela acara, diberikan games dan ice breaking. Selain itu, juga terdapat kegiatan interaktif yang memang sengaja dibuat agar terjalin kedekatan antara mahasiswa baru dengan mahasiswa angkatan 2010 maupun 2011.
Pemberian materi oleh ketua program studi kedokteran hewan Prof. Dr. drh. Lucia Muslimin, M.sc
Pemberian materi oleh ketua program studi kedokteran hewan Prof. Dr. drh. Lucia Muslimin, M.sc
kepada mahasiswa baru kedokteran hewan angkatan 2012’
Keesokan harinya, kamis, 30 Agustus 2012, kegiatan P2MB masih diadakan di LT. 5 fakultas kedokteran. Agenda acara untuk tanggal 30 dan 31 Agustus lebih ditekankan pada acara yang bisa mempererat hubungan mahasiswa baru dengan mahasiswa angkatan 2010 dan 2011. Oleh karena itu, acara pemberian materi hanya berlangsung 2 kali. Selebihnya adalah games dan kegiatan interaktif. Hari itu, kegiatan dimulai dengan presentasi dari setiap kelompok yang sebelumnya telah dibentuk. Setiap mahasiswa baru sangat bersemangat dalam mempresentasikan tugasnya. Tugas yang diberikan mengenai penyakit zoonosis. Tugas ini bertujuan untuk membiasakan mahasiswa tampil di depan umum, bagaimana bekerja secara berkelompok dan membagikan pengetahuan yang diperoleh kepada orang lain, dan yang terpenting adalah agar sedini mungkin mereka diperkenalkan dengan istilah-istilah berbahasa latin. Acara berlangsung santai tapi serius dan mahasiswa sangat aktif, meskipun hanya sebagian kelompok yang sempat mempresentasikan tugasnya dikarenakan waktu yang tidak memungkinkan.
Games
‘Mahasiswa baru diberikan games disela-sela pemberian materi’
Jumat, 30 Agustus 2012, secara keseluruhan kegiatan berlangsung dengan lancar dan antusiasme dari mahasiswa baru dalam mengikuti P2MB lebih terlihat. Hal tersebut bisa ditebak karena hari itu selain menerima materi mengenai himpunan kedokteran hewan atau HIMAKAHA, mereka juga mengikuti mini tour campus, games dan pameran. Mereka sangat bersemangat mengikuti semua agenda acara hari itu. Pada kegiatan mini tour campus, mahasiswa baru diajak berkeliling campus khususnya di lingkungan program studi kedokteran hewan. Mahasiswa baru tampak bersemangat dan asyik mengikuti kegiatan tersebut. Selanjutnya adalah kegiatan pameran yang merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa baru begitu pula dengan mahasiswa angkatan 2010 dan 2011. Karena di pameran itulah, mahasiswa angkatan 2010 dan 2011 memperkenalkan segala sesuatu yang ada di kedokteran hewan, termasuk HIMAKAHA dan minpro (minat dan profesi). Ada banyak stand dan setiap stand terdiri atas minpro satwa liar, hewan kesayangan, ternak produktif, dan ada yang berasal dari divisi pengmas, kerohanian dll. Setiap divisi memperlihatkan program kerjanya baik yang telah dilaksanakan maupun yang akan segera dilaksanakan. Acara berlangsung sangat meriah, terlebih ketika acara ditutup. Dimana diumumkan kelompok terbaik dan kelompok dengan yel-yel terbaik. Ketika akan diumumkan, mahasiswa baru terlihat sangat tidak sabar ingin mengetahui kelompok siapa yang terbaik. Setelah pengumuman, dilanjutkan dengan pemberiah hadiah. Meskipun hadiah yang terbilang sederhana, namun mahasiswa baru terlihat sangat senang dan bangga.
Perkenalan Divisi PengmasPerkenalan Pet Lovers
‘Foto di atas adalah stand pameran dari divisi Pengmas dan minpro hewan kesayangan’
ChunliHap-Hap
‘Minpro hewan kesayangan juga memamerkan beberapa pet yang dimiliki oleh mahasiswa kedokteran hewan, seperti himalaya domestik bernama Chunli dan Hap-hap yang merupakan hewan jenis kuskus’
Penghargaan
‘Pemberian plakat kepada kelompok terbaik yang berikan oleh Ketua HIMAKAHA’